Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Mimisan


Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Mimisan
Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Mimisan. Hidung berdarah (epistaksis) atau mimisan adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung. pendarahan terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Seringkali mimisan terjadi tiba-tiba dan tanpa diketahui penyebabnya.
 
  

Faktor Penyebab Mimisan

Naiknya Tekanan Darah
Seseorang yang mempunyai penyakit darah tinggi dan mengalami mimisan, bisa disebabkan oleh naiknya tekanan darah orang itu. Atau Ibu hamil yang rentan mengalami naiknya tekanan darah juga dapat mengalami mimisan. Sebaikny bila penderita darah tinggi dan ibu hamil mengalami mimisan, segeralah periksakan diri ke dokter agar tidak berakibat fatal.

Trauma
Mimisan juga dapat disebabkan oleh trauma  seperti bersin, benturan ringan, kebiasaan mengorek hidung, jatuh, ataupun karena kecelakaan lalu lintas.

Flu
Saat flu sebaiknya anda tidak membuang ingus terlalu sering dan terlalu kuat, karena ini bisa menyebabkan hidung terluka dan mimisan.

Alergi
Mimisan juga disebabkan oleh alergi. Dalam kasus ini, pembuluh kapiler terbuka dan menyemprotkan darah dari dalam tubuh yang mengalir lewat hidung.

Sinus
Mimisan juga dapat dialami oleh penderita sinus dalam kondisi tertentu.  Dan apabila saat penderita sinus mengalami mimisan, lalu darah yang keluar berwarna gelap dan beraroma tidak sedap, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Karena, ini menandakan adanya infeksi atau tumor.

Cuaca Panas
Saat cuaca panas dan kelembaban berkurang maka kondisi ini bisa menyebabkan iritasi lalu terjadilah mimisan.
  
Tumor
Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda. Tumor ini terlihat seperti benjolan sebesar bii nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

Polusi
Polusi dapat mengiritasi selaput lendir pada hidung. Akibatnya, keluarlah darah dari hidung(mimisan).  Tempat yang penuh polusi seperti tempat yang banyak asap rokok dan asap kendaraan bermotor sebisa mungkin harus dihindari.

   

Cara Mengatasi Mimisan 

Rebusan Akar Alang-alang
Rebus 60 gram akar alang-alang dengan air 400cc hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya. Minum air rebusannya saat hangat, minumlah 2 kali sehari.

Rebusan Pegagan
Cuci bersih 60 gram pegagan dan rebus dengan air 400cc hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusannya selangi hangat, minumlah 2 kali sehari.

Jus Kangkung
Cuci bersih 25 gram kangkung, lalu blender dan tambahkan gula. Minumlah 2 kali sehari.

Rebusan Ari Kacang Tanah
Cuci bersih kulit ari kacang tanah sebanyak 25 gram, lalu rebus dengan air 400cc sampai mendidih dan airnya tersisa setengah. Minumlah 2 kali sehari.

Jagung
Sediakan rambut jagung sebanyak 50 gram. Cuci bersih rambut jagung, lalu rebus dengan 400cc air hingga mendiidh dan airnya tersisa setengahnya, lalu minumlah 2 kali sehari.

Akar Teratai
Sediakan 200 gram akar teratai, lalu cuci bersih akar teratai. Tumbuk sampai halus akar teratai dan teteskan airnya sebanyak 3 tetes, dan minumlah sisanya.

Daun Sirih
Cara pertama:
Cuci bersih 1 lembar daun sirih muda, lalu remas hingga keluar minyaknya, lalu gunakan untuk menyumbat hidung saat anda mimisan.
Cara kedua:
Cuci bersih 2 lembar daun sirih, lalu gulung daunnya dan masukkan ke dalam hidung ketika anda mimisan.

Itulah beberapa obat alami untuk mengatasi mimisan. Cobalah cara tersebut untuk mengatasi mimisna. Selamat mencoba. Baca juga Apakah ibu menyusi boleh puasa? Baca di sini.

Berlangganan untuk email update gratis: